Pengantar

Pameran yang berlangsung di Garasi Seni 10 ini berjudul “Menapaki Perjuangan Negeri” Kata perjuangan dimaknai dalam konteks yang luas. Hidup dan berlehidupan di muka bumi ini adalah perjuangan.¬†Koleksi karya pameran tunggal Setiawan Sabana ini mengungkapkan tiga topik.

Pertama. Perayaan Kemerdekaan R.I ke-75 (1945 – 2020). Beberapa karya merefleksikan momentum tersebut. Karya objek sepeda onthel dengan tumpukan buku serta bendera merah putih sangat kentara menyentuh topik itu.

Kedua. Setiawan Sabana mengaitkan materi pamerannya pada isu ekologi. Hal tersebut terungkap pada sejumlah bentuk buku bermedia ecoprint. Buku-buku ini dihiasi dengan tulisan tangan bebas tentang kondisi lingkungan hidup dan budaya tradisì yang memprihatinkan.

Ketiga. Di bagian belakang ruang pamer dipajang tiga rak buku cukup besar. Rak buku itu menyimpan koleksi buku mengenai keilmuan seni, budaya, filsafat dan agama.

Secara umum pameran ini merefleksikan kreativitas, renungan, dan bentang imajinasi Setiawan Sabana melalui seni rupa buku. Pameran tunggal ini merupakan bagian dari pameran besar virtual bertajuk Buku Seni Jagat Nusantara.

Selamat menikmati.

Tim kurator

SETIAWAN SABANA, 2020
Menapaki Perjuangan Negeri

Various dimension
Found object, poster, buku, ecoprint, kertas, bendera